You are here:

Search

Customer Suport [24 jam ]

Testimonial

In order to view this object you need Flash Player 9+ support!

Get Adobe Flash player

Powered by RS Web Solutions

Banner

Visitor Maps

Site Statistic

Content View Hits : 3155401

Who,s Online

We have 183 guests online
Posting FB Ustad Yusuf Mansyur HOAX
Tuesday, 30 December 2014 12:27

Artikel ini adalah pelurusan informasi dan untuk membongkar hoax terhadap penyalah gunaan gambar atau foto dan rumor yang dipalsukan. Soal keyakinan itu hak pribadi masing-masing individu. Belum lama beredar postingan di facebook yang diunggah oleh akun facebook atas nama ustad yusuf mansur seperti screen capture dibawah ini. HOAX kah ini?

indonesianhoaxes-penjelasan-mengenai-foto-kaki-wanita-yang-menginjak-kitab-suci-al-quran

Mari kita bahas foto didalamnya. Ada dua bagian foto yang berbeda.

Foto pertama adalah fakta, foto tersebut diunggah di Google+ (salah satu fasilitas jejaring sosial ala google) oleh akun ???? ???????? pada tanggal 28 Juni 2014. Silahkan buktikan disini.

Maaf, untuk mendukung bukti, kami tampilkan screenshotnya disini :

indonesianhoaxes-screenshot-pengunggah-foto-menginjak-quran

 

Foto kedua adalah juga fakta, foto tersebut diunggah di Wikipedia dengan judul halaman Gangren.

foto tersebut adalah sebuah contoh kejadian dimana seorang wanita berusia 85 Tahun menderita penyakit kulit 'Gangren kering' (jemari kaki mati dan tulang terbuka di kaki kiri). Selengkapnya mengenai Gangren dapat Anda simak disini : http://id.wikipedia.org/wiki/Gangren

 

gangren

 

Foto ini diunggah sejak 13 Januari 2010 Pukul 01.55, silahkan lihat dalam versi resolusi lebih besar disini :

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/e/ef/Dry_Gangrene_with_dead_toes_and_visible_bone.JPG

Ditampilkan juga foto yangn diunggah 3 Februari 2010 Pukul 20.51, dengan tampilan berbeda (sudut) dengan resolusi besar disini :

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/archive/e/ef/20111218015509%21Dry_Gangrene_with_dead_toes_and_visible_bone.JPG

 

Apa itu Gangren?

Gangren adalah kondisi serius yang muncul ketika banyak jaringan tubuh mengalami nekrosis atau mati. Kondisi ini terjadi setelah seseorang mengalami luka, infeksi, atau masalah kesehatan kronis yang memengaruhi sirkulasi darah. Penyebab utama gangren adalah berkurangnya suplai darah ke jaringan yang terjangkit gangren, sehingga mengakibatkan kematian sel. Diabetes dan merokok jangka panjang turut menambah risiko gangren.

 

Kesimpulan :

Foto-foto tersebut adalah fakta (bukan hasil olah digital), namun perlu kita ketahui bahwa menyebarkan sesuatu beserta gambar yang tidak semestinya, bukanlah cara yang baik untuk menyampaikan informasi. Sampaikanlah informasi yang sebenar-benarnya tanpa dibumbui hal yang tidak ada korelasinya dengan informasi tersebut, terlebih saat ini sangat banyak orang yang mencatut Nama Seseorang atau pun Foto hasil karya orang lain dan menyertakannya dalam sebuah rumor yang dibagikan secara luas di internet.

Meski demikian, perbuatan yang yang ditunjukkan dalam foto (pertama) tersebut bukanlah sebuah tindakan yang baik dan tentunya tidak patut untuk ditiru. Meski hanya olo-olok atau Satire, tidak dibenarkan jika itu tidak berkenan di hati orang lain, terlebih jika berkaitan dengan suatu Keyakinan tertentu.

Foto seperti diatas sudah seringkali terjadi, dari data yang kami temukan setidaknya ada 3 foto yang diunggah ke internet sejak 2007. Kasus yang paling terkenal adalah Wanita dari Turki dan Pria dari Tunisia yang ditangkap oleh Kepolisian karena menjadi tersangka penghinaan Agama dengan cara Menginjak Kitab Suci Quran :

Berita selengkapnya dapat Anda simak disini :

 

http://www.jpost.com/International/Turkish-woman-detained-for-tweeting-photo-of-herself-stepping-on-Koran-379507

http://www.opposingviews.com/i/religion/islam/woman-arrested-posting-photo-herself-stepping-quran

https://themuslimissue.wordpress.com/2014/10/24/isis-ally-turkey-arrests-woman-for-red-stilettos-koran-tweet/

 

 

@http://blog.indonesianhoaxes.com

Share